Home » » Tips Dan Trik Mempercepat Pertumbuhan Ikan Nila

Tips Dan Trik Mempercepat Pertumbuhan Ikan Nila

Budidaya pembesaran ikan nila bertujuan untuk mendapatkan bobot ikan yang maksimal dan cepat panen. Untuk mempercepat pertumbuhannya, budidaya pembesaran  ikan nila bisa dilakukan dengan beberapa cara bberikut ini.



# Pemisahan Jenis Kelamin

Memisahkan anak nila jantan untuk dipersiapkan dalam pembesaran. Hal ini tidak mudah, karena tidak efisien dalam jumlah yang banyak dan umumnya pembudidayaan ikan kurang mengenal mengenal mana jenis betina dan mana jantan.

# Kawin Silang

Mengawinkan silang ikan nila untuk mendapat jenis indukan yang menghasilkan anak nila jantan. Teknik ini dilakukan dengan penelitian yang seksama dan uji coba yang tidak mudah.

# Jantanisasi

Cara yang paling mudah dan sedikit mahal yaiutu dengan metode mengubah jenis betina menjadi jenis jantan degan menggunakan hormone sex reversal pada larva ikan nila. Cara ini banyak digunkan dalam budidaya monokultur karena dapat di praktikkan oleh siapa saja.

# Probiotik

Jika beberapa rekayasa dan upaya sudah dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila tetapi hasi produksi ikan nila belum cukup baik maka kita bisa menempuh cara dengan memberikan Probiotik untuk mempercepat pertumbuhan dalam budidaya ikan nila.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang sagat bermanfaat untuk mahkluk hidup. Mikroorganisme yang terkandung dalam probiotik mampu membantu pencernaan makanan pada tubuh hewan dan manusia, sehinga makanan yang mengandung probiotik akan mampu dicerna dan diserap tumbuh dengan baik. dengan demikian pertumbuhan ikan nila menjadi cepat.

Penebaran benih ikan pada saat yang bersamaan terjadi pertumbuhan ikan yang tidak selalu sama. melakukan penyotiran adalah salah satu cara yang banyak dilakukan oleh para pembudidaya tetapi tentu saja mengakibatkan panen tidak terjadi dalam satu waktu sehinga akan mempengaruhi keuntungan. Oleh karana itu  cara di atas dapat anda terapakan dalam budidaya ikan nila untuk dipacu agar bisa tumbuh secara seragam.