Home » » Tiga Jenis Pakan Yang Sehat Untuk Ikan Nila

Tiga Jenis Pakan Yang Sehat Untuk Ikan Nila


Pakan yang sehat untuk ikan nila adalah pakan yang mengandung kandungan gizi dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.  Ikan nila memerlukan pakan yang sehat agar ikan maupun bertahan hidup. Selein itu, jika diberi pakan terbaik pastikan hasil budidaya ikannya pun akan sagat menguntungkan.

Berikut ini beberapa jenis pakan untuk ikan nilanyang anda pelihara.

# Pakan Nabati 

Pakan nabati adalah jinis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh ikan nila. pakan nabati ini berupa tumbuh tumbuhan yang kasar dan besar, misalnya sayuran, kangkung, daun talas, enceng gondok, dan daun pepaya. Selain itu ada juga yang dapat  diberikan untuk ikan sebagai pakan tambahan, misalnya bangkil kepala, dadak halus, daun singkong, bungkil kacang, dan tepung daun turi.

# Pakan Campuran 

Pakan campuran ini adalah makanan yang dihasilkan dari campuran antara makanan nabati dan hewani. Sebenarnya, ikan ini tidak memakan makanan hewani. Akan tetapi, jika sudah menjadi pakan campuran ikan nila menyukai jenis makanan ini. Pakanan jenis ini antara lain Limbah industri pertanian, kotoran manusia dan hewan, cacing, larva, seranga, lumut, dan ganggang algae.

# Plankton  

Plankton adalah jenis makhluk hidup yang ada di air yang di hasilkan dari berbagai bahan yang terdapat di air. Beberapa plankton yang bisa hidup di kolam ikan nila adalah artemia, calanus, cyclops, trigiopus, moina, brachionus, spirulina, isochhrysis, tentraselmis, chorella dan skeletonema.

Selain jenis pakan yang ada di atas ada jenis pakan lain yang disebut detritus. Jenis pakan ini berasal dari tumbuhan atau dari hewan yang telah hancur seperti kotoran hewan dan manusia, bakteri, protozoa, cendawan, limbah pertanian, alga dan lain lain.