Home » » Tata Cara Pembenihan Ikan Nila

Tata Cara Pembenihan Ikan Nila

Ketika masih benih, pakan yang di sukainya adalah zooplankton ( planktonton hewani). Selain itu jenis nila juga memakan alga atau  lumut yang menempel di bebatuan yang ada di habitatnya.



Ketika di budidayakan, nila juga memakan tanaman air yang tumbuh di kolam budidaya.  Jika mencapai ukuran dewasa, ikan nila bisa di beri berbagai pakan tambahan seperti pelet.

Pemberian pakan pada ikan nila  adalah sebanyak 3-4% dari berat keseluruhan ikan yang ada di kolam itu, bukan dari berapa jumlah ikan nila itu sendiri. Cara yang digunakan dengan metode smpling.

Misalnya ikan nila 10 ekor ikan beratnya mencapai 1kg, berati berat rata rata ikan nila adalah 100 gram per ekor. Apabila pemberian pakan 3-4% per hari berarti pemberian pakan 3 gram perhari atau rata rata 1 gram per eko untuk satu kali makan. perhatikan perhitungan berikut ini :


Jumlah Ikan

Berat Ikan Per Ekor

Berat Ikan Keseluruhan

Jumlah Pakan Yang Dibutuhkan

1.000 ekor          X   1gram            =    1000 gram     =    1  kg

Dalam Sehari Diberi Pakan 3kali maka 1 kg x 3 kali = 3kg pakan
Pertumbuhan ikan nila dalam kolam dengan pemberian pakan secara insentif sangat tergantung dengan jenis ikan nila yang anda budidayakan. Apabila jenis ikan yang anda ternak bersaal dari bibit ikan yang cepat tumbuh maka diperkirakan kenaikan berat ikan nila setiap hari lebih dari 2,5 gram. Namun apa bila bukan dari nila pilihan maa kemungkinan hanya 1,5 gram per hari dengan pakan yang sama.