Home » » Prospek Budi Daya Ikan Nila

Prospek Budi Daya Ikan Nila



Ikan nila adalah ikan konsumsi yang dapat dijadikan sumber protein hewani. Meskipun, harga jualnya relatif murah, ikan nila banyak di budi dayakan karena mudah di pelihara. Budi daya ikan nila dapat dilakukan di kolam kolam tanah ataupun tangki tangki pembesaran buatan,
Karena sifatnya yang cukup agresif pada budi daya nila intensif tidak dianjurkan untuk dicampur dengan ikan lain.

Secara nutrisi, ikan nila memiliki kandungan asam lemak omega 6 yang tinggi, sebaliknya kandungan asam lemak omga 3 relatif rendah. Komposisi asam lemak dalam tubuh ikan nila ini kurang baik bagi orang orang yang memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol. 

Ikan nila dapat di olah menjadi fillet tanpa kulit dan tanpa tulang. hasil olahan ikan nila dalam bentuk fillet berkisar antara 30 - 37 persen, tergantung pada ukuran dan bentuk irisan fillet.  Budi daya ikan nila hampir tidak memiliki pensaing, karena permintaan yang sangat tinggi baik permintaan domestik maupun permintaan ekspor.

Untuk profinsi Jawa Tengah permintaan tertinggi adalah ikan nila, karena harga yang murah, terjangkau untuk semua jenis kalangan. selain itu ikan nila mudah dipelihara, laju pertumbuhan dan perkembangbiakan yang cepat serta ikan nila dapat hidup pada kualitas air dan habitat yang extrim.

Pada satu kali pemijahan, ikan nila dapat mengeluarkan telur hingga 300 - 1.500 butir sebelum memijah, ikan jantan akan membuat serangan tempat bertelur dan menjaganya. Ikan jantan akan menjaga daerah ini dari seragan musuh sehinga akan sagat agresif pada saat masa pemijahan. 

Ikan nila menempati urutan kedua setelah ini, Ikan mas dalam kategori ikan yang paling di budi dayakan di indonesia.  bahkan, menurut FAO, Badan Resmi PBB yang mengurusi soal pakan dunia.

Mengatakan bahwa ikan nila merupakan jenis pembudidayaan ikan yang paling sukses di dunia setelah udang dan salmon karena ikan nila tersebar dan banyak di butuhkan di berbagai benua.