Home » » Perbndingan Luas Kolam Ikan dan Pakan

Perbndingan Luas Kolam Ikan dan Pakan

Bibit ikan nila berukuran l - 2 cm belum mampu mengonsumsi kiambang (Lemna minor). Karena itu, gunakan pakan Wolffia sebagai pakan subtitusinya. Perlu diperhatikan bahwa iklim atau musin, juga memengaruhi pertumbuhan jenis tumbuhan air tertentu. Pakan alami seperti kiambang merupakan jenis pakan yang mengalami penurunan populasi pada musim kemarau, sehirigga untuk mengantisipasi hal ini perlu dïbudidaya kan tumbuhan air jenis lain, seperti spirogyra untuk menggantj kekurangan pasokan kiambang sebagai pakan.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kolam pakan yang tersedia sebaiknya memiliki ukuran tiga kali Iebih luas dibandingkan dengan kolam budi daya ikan nila. Artinya, untuk memberi pakan 1 m2 kolam budi daya yang berisi sekitar 20 - 25 ekor ikan dengan kedalaman kolam 1,25 m diperlukan 3 m luas kolam yang telah dipenuhi pakan alami.


Dengan ukuran 1 m2 kolam Lemna harus mampu memenuhi minimum 1 kg pakan don setiap 1 m2 harus mampu memenuhi 5 kg ikan. Jadi, untuk menghasilkan jumloh bobot 5 kg ikan harus tercapai bobot pakan sebanyak 1 kg per 1 m2. Jika kolom pakan berwarna hijau pekat dan memiliki Lemna yang berlapis-lapis menandakan ketersediaan Lemna sebagai pakan telah cukup untuk diberikan kepada ikan.