Home » » Perawatan Benih Nila Yang Baik Dan Benar

Perawatan Benih Nila Yang Baik Dan Benar

Pemanenan Ikan nila dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu panen total dan panen selektif. panen total dilakukan dengan cara mengiringkan kolam, hingga ketinggian air tinggal 10 cm. 


Petak pemanen/petak penangkapan dibuat seluas 1m2 di depan pintu pengeluaran ( monnik), sehingga memudahkan dalam penangkapan ikan. 

Pemanen dilakukan di pagi hari saat keadaan tidak panas dengan menggunakan waring atau scoopnet yang halus.

Lakukan pemanenan dengan hati hati untuk menghindari ikan yang terluka. Panen slektif dilakukan tanpa pengeringan kolam, ikan yang akan dipanen dipilih dengan ukuran tertentu . Panen dilakukan dengan menggunakan waring yang di atasnya telah ditaburi umpan ( dadak).


Untuk Ikan yang tidak terpilih ( biasanya terluka karena jaring) sebelum di kembalikan ke kolam sebaiknya disendirikan dan diberi obat dengan larutan malachite green 0,5-1,0 ppm selama satu jam.

Tatacara pemanenan benih antara lain secara berikut

         #  Benih ikan harus dipilih yang sehat yaitu bebas dari penyakit, parasit, dan tidak cacat. Setelah itu, benih ikan baru dimasukan kedalam kantong plastik (sistem tertutup) atau keramba (sistem terbuka).

        #  Air yang dipakai untuk pengangkutan harus bersih, sehat bebas dari hama, dan penyakit serta bahan organik lainnya. Sebagai contoh dapat digunakan air sumur yang telah diaerasi semalam.

        #  Sebelum diangkut benih ikan harus di berok dahulu selama beberapa hari. Gunakan tempat pemborakan beupa bak yang berisi air bersih dan dengan aerasi yang baik.

        #  Bak pemborakan dapat dibuat dengan ukuran 1m x 1m atau 2 m x 0.5 m. Dengan ukuran tersebut bak pemberokan dapat menampung benih ikan nila sejumlah 5000 -6000 ekor dengan ukuran 3-5 cm. Jumlah benih dalam pemborakan harus disesuaikan dengan ukuran benihnya.


Perawatan benih ya yang maksimal akan sampai ketangan pembeli dengan aman. Itulah tujuan utama dari budidaya pembenihan ikan nila ini. Merawat indukan, memijahnya, mendederkan lalu mengirimkan kepada pembeli untuk dibesarkan.