Home » » Pengaturan Tata Letak Kolam Ikan

Pengaturan Tata Letak Kolam Ikan

Penataan kolam ikan dan kolam pakan dibuat berdekatan atau berada disatu area yang sama. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengangkutan pakan ke kolam, sehingga pakan yang diberikan pada ikan masih dalam kondisi segar. Penataan ini juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pengangkutan pakan, sehingga pengangkutan dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya produksi yang berlebih.


Penataan kolam dapat disesuaikan dengan keadaan tempat budi daya. Jika lokasi budi daya merupakan daerah pematang sawah yang dialihfungsikan. Artinya tidak perlu perlakuan khusus. Pinggiran petak sawah dapat dilapisi bambu agar tidak terjadi kebocoran antar sisa petak sawah yang telah diisi air.Namun kolam ingin dibuat lebih tahan lama dan anti hama, petak sawah tersebut dapat dilapisi beton dan dibuat pengairan yang lebih baik. Pada bagian seluruh air dabat diberikan saringan khusus agar ikan dari kolam lain dan dari saluran air tidak tercampur kekolam selanjutnya.

Sistem pengairan yang dapat dilakukan adalah sistem pengairan seri, yaitu sistem aliran air yang kontinyu dari satu kolam ke kolam lain yang disambungkan dengan pipa-pipa yang saling terhubung. Pengairan dimulai dari aliran mata air yang pertama kali mengalir menuju kolam ikan, lalu dialirkan terus dari kolam ikan menuju kolam-kolam lain yang berisi ikan dan pakan.

Sistem pengairan seperti ini cukup aman untuk penggunakaan pakan alami karena pada kolam yang berisi ikan tinja hasil eksresinya tidak mengandung zat berbahaya dan dapat menjadi sumber nutrisi bagi zooplankton serta tumbuhan air. Kotoran ikan ini akan ikut mengalir dan akan sampai kolam yang berisi pakan alami. Dengan sistem seperti ini, siklus budi daya ikan dan pakan alami akan terus berputar dan tidak ada satu pun hasil budidaya itu yang terbuang percuma.

Saluran air yang dibuat untuk sistem pengairan ini memiliki ketinggian berkisar 15 - 20 cm dari permukaan kolam. Hal ini dilakukan agar ketika pakan ditebar dan berkumpul di permukaan air, pakan tidak ikut hanyut dan masuk kekolam lain. Aliran air yang digunakan pada sistem ini merupakan aliran merupakan aliran yang lambat dengan kualitas air bersih yang berasal dari mata air pengunungan.