Home » » Mengenal Ikan Nila

Mengenal Ikan Nila


Ikan nila Adalah spesies ikan yang berasal dari kawasan sungai Nil  dan danau - danau sekitar di Afrika. Maka dari itu, Ikan ini disebut " Nila" dari kata "Nil". Saat ini ikan tersebar ke Negara yang beriklim tropis dan subtropis. Ikan nila tidak dpat hidup dengan baik pada wilayah yang beriklim dingin.

Nila disukai oleh semua kalangan karena mudah dipelihara dan dapat konsumsi oleh semua lapisan masyarakat. Jika di pelihara di tambak akan lebih kenyal dan rasanya lebih gurinh, serta tidak berbau lumpur.

Bibit ikan nila pada awalnya di datangkan ke indonesia secara resmi oleh Balai Penelitian Perikanan Air Tawar (Balikanwar) dari Taiwan pada tahun 1969. Setelah melalui masa penelitian dan adaptasi, Ikan ini kemudian di sebarluarkan kepada petani di seluruh indonesia.

Ikan nila adalah jenis salah satu ikan yang mudah berkembang biak hampir di semua perairan. Ikan nilai mengalami proses pemijahan hampir terjadi sepanjang tahun. Maka, tidak heran bila hampir semua daerah di indonesia banyak petani yang membudidayakan ikan nila. Karena cukup mudah dari segi perawatan.

Salah satu sistem yang di pakai para petani ikan nila ini yaitu sistem tambak , ini merupakan cara ternak ikan di tepi kali atau teluk yang di beri pagar dan merupakan bagian dari danau atau tampungan air. pagar yang di gunakan pada umumnya adalah pagarbambu.


Baca Juga : Masalah Utama Budi Daya Ikan Nila
Mengenai morfologi ikan nila, betuk tubuhnya agak memanjak dan pipih ke samping, warna putih kehitaman dan warnanya semakin terang kearah bagian vertral atau perut. Untuk warna ikan nila, dari beberapa jenis yang ada memperlihatkan perbedaan yang mencolok.

Pada Tubuh terdapat garis - garis vertikal  berwarna hijau  kebiruan. Pada sirip ekor terdapat delapan buah garis garis melintang yang ujungnya berwarna kemerah-merahan. Mata tampak menonjol agar besar dan di  tepinya berwarna hijau.

Letak mulut ikan nila berbentuk terminal atau di ujung tubuh. posisi sirip prerut terhadap sirip dada adalah thoracic. Garis rusuk terputus menjadi dua bagian, Letaknya memanjang di atas sirip dada.

Ciri-ciri morfologi ikn nila tersebut merupakan jenis yang utama. saat  sudah dikembangkan beberapa jenis ikan nila sehinga sudah banyak varian yang ada di masyarakat. Jenis ikan nila yang banyak di budidayakan adalah ikan nila yang berwarna oranyen karena lebih mudah di kembangkan dan di budidayakan.