Home » » Jenis Ikan Nila Yang Banyak Di Budi Dayakan Masyarakat

Jenis Ikan Nila Yang Banyak Di Budi Dayakan Masyarakat


Seperti disebutkan sebelumnya, ada berbagi varian jenis ikan nila. Beberapa pembudidayaan jenis-jenis ikan nilai ungul. Berikut ini ada beberapa jenis ikan nila yang unggul dan banyak di budi dayakan masyarakat.

1. Ikan Nila Larasati

Ikan Nila Jenis ini adalah ikan nila hasi persilangan antara ikan nila merah dan ikan nila hitam . Ikan nila jenis ini mempunyai keunggulan yang lumayan bagus dan bermanfaat yaitu dapat berkembang dengan cepat dan mempunyai daging yang lebih banyak.

2. Ikan Nila Srikandi 

Ikan nila srikandi ini dihasilkan oleh balai balai penelitian pemulihan ikan (BPPI). Pada tahun 2012 jenis ikan nila srikandi ini di rilir oleh Mentri Kelautan dan Perikanan. Keungulan dari ikan nila jenis ini yaitu tahan dari berbagai jenis penyakit dan sagat cocok di budi dayakan di air payau.

3. Ikan Nila Nirwana

Ikan  nila nirwana di kembangkan oleh Balai Benih Ikan Wonoyoso Purwakarta Jawa Barat. Keunggulan dari Ikan Nila yang satu ini adalah dapat berkembang dengan cepat. Untuk mendapatkan bobot 1kg hanya memerlukan waktu sekitar 6 bulan saja.

4. Ikan Nila Best

Ikan nila jenis ini juga mempunyai beberapa keunggulan yang lebih baik dri pda ikan nila lokal yang biasa di budi dayakan di masyarakat pada umumnya.Ikan nila best memiliki ketahanan penyakit mencapai 140 %, Fekunditas 3sampai 5 kali, sedangkan sintasanya dari 84,4 sampai 93,3% dan nilai tersebut di percaya lebih tinggi  8% dibanding ikan lokal.

5. Ikan Nila Gesit

Ikan nila gesit ini sama juga dengan ikan nila yang biasa di pelihara oleh masyarakat pada umumnya, yaitu untuk mendapatkan 400 sampai 500 gram/ ekornya memerlukan waktu 6bulan. Namun ikan ini sagat gesit dan lincah sesuai dengan namanya.

6. Ikan Nila Jatimbulan

Ikan jatimbulan adalah jenis ikan rekayasa yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis PBAT Jawa Timur.  keunggulan dari ikan ini adalah mempunyai daging yang lebih kenyal dan pertumbuhan ikan ini juga cepat bila dibandingkan dengan ikan nila lokal.

Baca juga : Mengenal Ikan Nila
Ikan nila termaksutke dalam  lima ikan yang paling penting dalam budi daya ikan, dengan produksi mencapai 1.505.804 metrik ton pada tahun 2000. Karena dapat mencapai ukuran yang besar, pertumbuhan yang cepat, dan mau makan pakan buatan, ikan nila termaksut kedalam fokus utama dari usaha budidaya ikan. Ikan nila adalah sumber protein yang baik dan populer di kalangan perikanan tradisonal dan kormesial.