Home » » Inilah Syarat memilih Indukan Ikan Nila Yang Berkualitas

Inilah Syarat memilih Indukan Ikan Nila Yang Berkualitas


Kesuksesan budidaya ikan nila mempunyai beberapa faktor penentu, salah satu terpenting adalah pemilihan indukan. Faktor indukan sangat menentukan dalam keberasilan budidaya pembenihan ikan nila. Indukan ikan nila yang baik akan menghasilkan benih yang berkualitas dan memberi nilai tambah ekonomi. 

Indukan ikan nila berkualitas bagus dibututuhkan saat pemilihaan ikan nila. indukan sebaiknya memiliki asal usul yang jelas terutama jenis atau strain. Induk ikan yang berkualitas atau strain murni atau indukan pokok bisa didapatkan dari balai penelitian benih atau UPTD perikanan yang ada  di setiap kabupaten masing masing daerah.

Berikut adalah beberapa syarat memilih indukan ikan nila berkualitas baik.

       #  Indukan nilai jantan maupun betina harus sudah benar benar matang gonad, ciri -ciri sudah berumur sekitar lima sampai enam bulann, sisik teratur perilaku yang normal, tubuh tidak ditempeli parasit, tidak menunjukan adanya penyakit klinis, tutup ingsang normal, berlendir normal serta indukan betinanya biasanya perutnya membesar dan urogenitalnya berwarna merah.

        #   Untuk pematangan gonad, ikan nila bisa ditebar terpisah dengan padat tebar 2-1 ekor/meter diberi  pakan dengan kandungan protein 30 - 20 %. setelah 30- 20 hari, lebih dari 75 % ikan harusnya sudah matang gonad dan siap dipijahkan.

       #  Bobot indukan jantan minimum 250 gram dan betina minimum 200 gram. Panjang stansar indukan ikan nila 25 cm untuk jantan, dan 22 cm untuk betina.

         #  Kondisi sisik besar dan kasar ( ctnoid). Indukan mempunyai pola sisik yang normal.

         #  Perbandingan antara tinggi dan panjang stanar indukan adalah  1:2,1 Hingga 1: 2,7.

Idealnya, dalam memijahkan ikan nila dibutuhkan induk betina dan jantan dengan perbandingan 3:1, Artinya, Tiga ekor betina dengan satu ekor pejantan. Padat Ideal adalah tiga ekor/meter.