Home » » Cara Memanen Ikan Nila SecaraTotal Dan Sebagian

Cara Memanen Ikan Nila SecaraTotal Dan Sebagian


Panen merupakan saat yang sagat dinantikan oleh para pembudidaya ikan nila. Pasalnya, para pembudidaya bisa mengharapkan untung dar budidaya pembesaran ikan nila ini.

Waktu pemanenan pada setiap sistem budidaya tidak pernah sama . Waktu panen biasanya tergantung dari permintaan pasar. Waktu panen ikan nila untuk pasar lokal dan waktu panen  untuk keperluan ekspor atau industri pasti berbeda.

Pemenenan ikan nila biasanya dilakukan dengan cara panen total. Namun, beberapa petani melakukan panen sebagian karena alasan tertentu. Misalnya karena pertumbuhan ikan tidak sama maka dilakukan panen sebagian. berikut ini ulasan tentang cara memanen ikan nila secara total dan sebagainya.

# Panen Total

Panen total dilakukan dengan cara mengeringkan kolam , hinga ketinggian air tinggal 10 cm. Petak pemanen atau petak penangkapan dibuat seluas 1 m2 di depan pintu pengeluaran ( monnik), sehinga memudahkan dalam penangkapan ikan.

# Panen Sebagian

Panen sebagian di sebut juga panen selektif . kegiatan yang dilakukan dalam panen sebagian adalah tanpa pengeringan kolam. Ikan yang akan di panen dipilih dengan ukuran tertentu.

Panen dilakukan dengan mengunakan waring yang diatasnya telah ditaburi umpan (dadak). Ikan yang tidak terpilih (biasanya terluka akibat jaring) sebelum dikembalikan ke dalam kolam sebaiknya di pisahkan dan diberikan obat dengan larutan malachite gree 0,5-10 ppm selama 1jam.

Langkah pemanennan sebenarnya sederhana saja,Hal hal yangperlu dilakukan adalah menghindari ikan nila yang terluka dan menghindari ikan nila stres jika inggin dijual dalam keadaan hiduo dan segar.