Home » » Budi Daya Nila Harus Pakai Pakan Alami, Mengapa ?

Budi Daya Nila Harus Pakai Pakan Alami, Mengapa ?


Pakan alami bukan sekedar inovasi. Keuntungan dan keungulan dari pakan alami menyadarkan pembudidaya untuk segera meninggalkan cara lama, yaitu menggunakan pakan pelet untuk ikan. 

Dampak Positif dari pakan alami bukan sekedar materi, tetapi memberikan pola pikir baru bagi pembudidaya untuk membudidayakan ikan yang tidak hanya berfokus pada keuntungan, namun juga sekaligus  melestarikan lingkungan.

Baca Juga : Masalah Utama Budi Daya Ikan Nila

Penggunaan pakan alami dalam budi daya ikan nila tidak serta merta timbul sebagai inovasi yang mampu memecahkan masalah dalam usaha budi daya ikan nila.

Konsep dari penggunaan pakan alami ini lahir dari kecemasan dan kebutuhan akan pakan alami yang selama ini  telah membuat pembudidaya harus mengakolasikan biaya pakan yang besar  pembelian pelet.

Namun, sebenarnya pelet bukanlah satu - satunya pakan yang dapat digunakan untuk nila. Bahkan, banyak yang "terlena" dengan pelet dan melupakan pakan sebenarnya dari di kehidupan alami.

Pengunaan pakan alami terbukti memberikan keuntungan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan pelet yang selama ini digunakan oleh pembudidaya ikan nila. Sisi positif lainnya, keuntungan pengunaan pakan alami pun bisa dirasakan oleh lingkungan sekitar.